Panduan Lengkap Persyaratan Pelabelan Garmen untuk Pakaian

  • 3 min read
  • Mar 03, 2021
Pelabelan Garmen

Saat Anda mendesain dan memproduksi pakaian, penempatan label garmen merupakan aspek penting dari proses produksi. Elemen ini diidentifikasi sebagai hal penting dalam rangkaian pakaian dan merupakan bagian utama dari keseluruhan spesifikasi selama produksi. Namun, bukan hanya tempat label pada pakaian Anda yang penting. Informasi yang terkandung dalam label, seperti pelabelan perawatan dan informasi mudah terbakar, juga penting.

Pelabelan garmen bukanlah hal baru dalam produksi pakaian, tetapi ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Penting untuk memastikan bahwa Anda mematuhi peraturan dan hukum setempat seperti yang ditetapkan oleh Federal Trade Commission (FTC), dan panduan sederhana ini akan membantu Anda mengidentifikasi informasi yang diperlukan. Selain itu, kami akan memberi tahu Anda tentang beberapa detail lain yang harus Anda sertakan untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda.

Apakah Pakaian Membutuhkan Label?

Label tidak hanya menetapkan pakaian dan identitas merek Anda, tetapi juga memberikan petunjuk yang membantu pelanggan dalam merawat pakaian dengan baik lama setelah pembelian. Sebenarnya, pelabelan pakaian sangat penting sehingga lembaga perlindungan konsumen di berbagai negara memiliki persyaratan pelabelan perawatan yang ketat. Selain itu, organisasi independen tertentu, seperti Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO), memiliki persyaratan pelabelan sendiri yang harus diikuti perusahaan jika ingin menerima sertifikasi.

Meskipun persyaratan label garmen di berbagai negara serupa karena semua peraturan ini diberlakukan untuk tujuan perlindungan konsumen, ada beberapa perbedaan penting antara persyaratan ini yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin menjual pakaian atau barang tekstil rumah tangga secara internasional.

Badan Pengatur Mana yang Mengawasi Pelabelan Garmen?

Di Amerika Serikat, FTC dan U.S. Customs and Border Protection (CPB) mengawasi persyaratan pelabelan untuk produk tekstil dan pakaian jadi. FTC pada akhirnya menangani administrasi aturan pelabelan perawatan di negara ini, tetapi CPB menangani kontrol dan pemeriksaan produk tekstil yang masuk ke Amerika Serikat dari negara lain.

Di Inggris Raya, Departemen Strategi Bisnis, Energi & Industri telah ditugaskan untuk mengembangkan dan menegakkan peraturan pelabelan tekstil negara ini. Namun, dalam beberapa situasi, penegakan aturan ini mungkin diserahkan kepada badan penegak hukum setempat. Di UE, pelabelan tekstil dan pakaian diawasi oleh Komisi Eropa, tetapi negara anggota mungkin memiliki persyaratan pelabelan tambahan sendiri.

Peraturan pakaian dan tekstil Australia diawasi oleh Product Safety Australia (PSA), yang merupakan bagian dari Australian Competition & Consumer Commission (ACCC). Di Selandia Baru, pelabelan garmen diawasi oleh Komisi Perdagangan.

2. Label Negara Asal

Informasi ini tidak wajib dalam produksi garmen di Inggris. Namun, sebagai bagian dari peraturan perdagangan, penting untuk menyebutkan negara tempat produk itu dibuat. Ini diperlukan agar merek tidak menyesatkan pelanggan tentang di mana item itu dibuat. Misalnya, jika pakaian Anda dirancang di Inggris tetapi diproduksi di China, “Made in China” harus ditampilkan dengan jelas.

3. Petunjuk Pencucian dan Perawatan

Petunjuk perawatan bukanlah fitur wajib dari label pakaian di Inggris, tetapi sangat disarankan untuk membantu pelanggan dalam memperpanjang masa pakai pakaian. Sebagian besar produsen memberikan petunjuk perawatan dan pencucian pada pakaian selama proses produksi sebagai prosedur operasi standar. Anda dapat bekerja dengan pemasok Anda untuk memastikan informasinya bermanfaat dan jelas bagi audiens Anda.

Bergantung pada audiens konsumen yang Anda tuju, Anda dapat menyertakan instruksi perawatan singkat dan cepat seperti:

  • Cuci terbalik
  • Datar kering
  • Setrika terbalik
  • Cuci warna yang sama bersama-sama
  • Bentuk kembali saat lembab
  • Hanya dry-clean

Ada juga serangkaian simbol universal yang digunakan di Eropa bernama GINETEX yang mengidentifikasi persyaratan pencucian dan perawatan tertentu. Ada lima jenis simbol utama termasuk:

  • Suhu dan jenis pencucian
  • Pengeringan
  • Suhu setrika
  • Opsi pemutihan
  • Hanya dry cleaning
  • Informasi lebih lanjut tentang label perawatan dapat ditemukan di sini.

4. Garmen yang Mudah Terbakar

Jika Anda memproduksi jenis pakaian tertentu seperti pakaian anak-anak, pakaian bayi, dan pakaian tidur, label pakaian Anda harus menampilkan kata-kata yang menyatakan bahwa Anda memenuhi BS-5722, yang merupakan Standar Inggris untuk mudah terbakar.

Jika pakaian tidak memenuhi standar ini, Anda harus menyatakan pada label, “JAUH DARI KEBAKARAN.” Kata-kata ini memang membawa beberapa persyaratan font dan karakter tertentu untuk memastikannya dapat dibaca dengan jelas. Itu harus dalam font Arial tebal dan merah dan setidaknya berukuran 10pt dengan huruf kapital.

5. Penempatan Label

Posisi label Anda harus ditentukan dengan jelas saat Anda menyelesaikan paket teknis Anda. Sebagian besar produsen pakaian akan memberi label pada jahitan bagian dalam pakaian untuk memudahkan. Dengan cara ini mudah ditemukan tetapi tersembunyi dari luar.

Jumlah informasi yang perlu Anda sertakan akan menentukan panjang label. Penempatan label harus disesuaikan dengan desain dan didiskusikan dengan produsen pakaian Anda untuk memastikan semua informasi ditampilkan dengan jelas.

6. Informasi Merek dan Nomor Gaya

Pencitraan merek adalah faktor penting dalam produksi pakaian, dan sesuatu yang sederhana seperti label kecil dapat membuat perbedaan besar. Banyak konsumen yang ditanya “dari mana asalnya?” atau “ukuran apa yang Anda dapatkan?” ketika berbicara dengan orang lain, dan label adalah tempat pertama mereka melihat terutama jika mereka sudah memiliki pakaian tersebut selama beberapa tahun.

Karena Anda tidak memiliki banyak ruang, logo sudah cukup. Ini biasanya dapat dimasukkan di bagian atas atau bawah label satin kecil yang ditenun di sisi pakaian Anda. Ini juga melengkapi informasi merek dan ukuran leher bagian dalam utama.

7. Informasi Lainnya

Untuk merek yang memiliki sertifikasi atau penghargaan khusus, informasi ini dapat ditampilkan di label garmen. Spesifik seperti produksi berkelanjutan atau kandungan serat organik juga dapat ditampilkan di sini.

Label baju jakarta adalah solusi tepat untuk memberi edukasi kepada konsumen agar mampu memahami informasi produk serta seluk beluknya. Label baju Jakarta telah bekerja sama dengan berbagai industri garmen, hingga UMKM untuk menempatkan label pada setiap pakaian. Semuanya dirancang khusus agar konsumen tetap merasa nyaman tanpa terganggu dengan label yang menempel pada pakaian.