Backlink adalah satu hal yang menjadi unsur terpenting dalam bidang SEO (Search Engine Optimizatin). Pada dasarnya backlink memiliki arti memberikan tautan atau link ke dalam situs yang lain dengan anchor text yang telah ditentukan. Di bawah ini kamu akan mengetahui tentang peran backlink nofollow dan dofollow dalam strategi SEO.
Pengertian Backlink Dofollow dan Nofollow
Robot mesin untuk pencari atau menelusuri dan mengindeks tautan yang kita kaitkan dengan website orang lain merupakan istilah dari link Dofollow. Kamu akan terkesan memberikan luang kepada website orang lain agar terlihat berkualitas sehingga layak dijadikan referensi.
Sedangkan untuk backlink nofollow kebalikan dari dofollow, dimana backlink ini memiliki robot web crawler yang tidak bisa menyerap backlink untuk situs yang telah diberikan. Dalam kata lain backlink nofollow tidak memiliki link aktif untuk menuju situs tertentu.
Kelebihan Backlink Dofollow dan Nofollow
Kelebihan backlink jenis dofollow ini adalah dapat membuat rating website kamu meningkat, sebab link ini memiliki peran penting dengan menggunakan alat robot web crawler agar sampainya tautan ke website luar. Rating situs milik kamu akan semakin besar jika ditautan ke situs besar seperti wikipedia
Sedangkan kelebihan backlink nofollow memiliki peran penting dalam diversifikasi link. Sebab backlink ini memiliki peran untuk menjadikan website kamu di rating atas ketika di cari dalam mesin pencarian.
Dengan bantuan robots web crawler website kamu tidak akan penuh dengan tautan nofollow yang dituliskan, tetapi link tersebut masih bisa terlihat oleh orang yang menggunakan website. Perannya lagi backlink ini bisa membuat mudah pengguna lain untuk menemukan informasi yang telah dicari pada website lain.
Kekurangan Backlink Dofollow dan Nofollow
Bukan hanya bisa meningkatkan, link Dofollow biaa menurunkan rating website yang kamu miliki. Hal tersebut bisa terjadi ketika website yang kamu miliki dilakukan backlink Dofollow secara besar dari situs orang lain atau situs spam. Untuk kekurangan dari jenis backlink noffolow tidak memiliki peran berarti dalam optimasi SEO. Sehingga backlink ini kurang diminati oleh webmaster dan bloger yang lain.
Menjaga keseimbangan website menjadi hal yang terpenting untuk kamu lakukan. Keseimbangan dua backlink ini harus naik bersamaan dengan porsi sesuai atau dikatakan wajar. Ini menandakan kedua backlink ini bukan berarti dari segi jumlahnya harus sama.
peran backlink nofollow dan dofollow dalam strategi seo blog atau website yang baik sebagai informasi bagi kamu, keseringam jumlah nofollow lebih kecil daripada backlink dofollow.
Perlu kamu ingat hal tersebut tidak berarti menjadi acuan. Apalagi dalam hal untuk mencapai komisi penjualan, kamu sebagai afgiliate marketing harus melampirkan link nofollow yang dikaitkan dengan website lain secara banyak.
Terakhir, dari penjabaran diatas yang cukup lengkap, kamu bisa memahami peran dari backlink nofollow ataupun backlink dofollow sebagai optimasi SEO. Kamu harus bisa menentukan dan memilih tautan ke web yang mana yang harus kamu taukan untuk bisa tetindeks oleh mesin pencari.
Bagi pengguna platform wordpress kamu bisa mengatur backlink nofollow dan dofollow secara otomatis. Karena dalam platform tersebut terdapat plugin yang dapat kamu pakai untuk mengatur fitur secara otomatis.
Bagi kamu yang masih memakai paket shared hosting tidak usah khawatir, sebab konsumsi resource pugin tersebut perannya tidak begitu besar. Sekian ulasan lengkap tentang peran backlink nofollow dan dofollow dalam strategi SEO. Gunakan jasa backlink dari SEODigital.co.id di jamin aman dan mantul.