Social Media Marketing: Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Melakukannya

  • FloralHome
  • Feb 23, 2022

Siapa yang tidak menggunakan sosial media di zaman sekara? Pasti Anda memiliki akun sosial media kan? Bahkan mungkin akun sosial media yang dipunya lebih dari situ. Tidak apa-apa itu adalah hal yang wajar karena memang kebutuhan manusia akan sosial media sangatlah meningkat dari waktu ke waktu. Sosial media apa yang kalian pakai? Apakah instagram, facebook, twitter, linkedin? Kalau semuanya Anda  merupakan pengguna sosial media yang sangat aktif.

Penggunaan social media marketing sangatlah komplek dan terus berkembangmanfaatnya dari tahun ke tahun. Apakah ketika Anda  sedang asyik menggunakan instagram pernah menemukan sebuah postingan yang berlabel sponsor? Menurut Anda apakah itu? Jika Anda mengatakan bahwa itu iklan, jawaban Anda benar. Sosial media sekarang bukan hanya tempat untuk mengekspos tentang seseorang atau sebuah entitas. Namun, fungsi sosial media bertambah menjadi tempat iklan pelaku bisnis.

Iklan di sosial media dianggap oleh perusahaan atau pelaku bisnis sebagai sebuah kesempatan bagi mereka untuk melakukan komunikasi yang lebih nyaman dengan pelanggan. Melalui komunikasi yang lebih nyaman dan enak inilah musabab mengapa sosial media cocok dijadikan menjadi sosial media marketing. Sebenarnya banyak alasan mengapa sosial media dijadikan tempat untuk beriklan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut dan agar pemahamanmu makin keren lagi berikut akan dijelaskan mengenai apa itu sosial media markering.

Mengenal Apa Itu Sosial Media Marketing

Apa yang Anda bisa definisikan ketika mengetahui kata Sosial Media Marketing? Sederhananya sosial media marketing adalah sebuah iklan yang dipromosikan menggunakan sosial media. Iklan jenis ini banyak yang bilang lebih efisien dibandingkan dengan iklan-iklan konvensional. Kebanyakan iklan sosial media dilakukan di platform seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram. Menurut data dari We Are Social sebanyak 170 juta orang di Indonesias sudah menggunakan Sosial Media. Menurut dari tersebut juga platform yang banyak digunakan oleh marketer adalah Facebook.

Melihat dari tersebut bisa disimpulkan bahwa beriklan sosial media sangat menguntungkan. Jumlah pengguna instagram dapat menjadi pelanggan potensial yang menjanjikan. Kelebihan lainnya adalah kemudahan perusahaan untuk menjangkau target market mereka. Ditambah lagi proses yang beriklan di sosial media sangatlah gampang dan menyenangkan. Dulu sebelum hadirnya iklan sosial media . Untuk melakukan promosi di internet perusahaan hanya bisa melakukannya dengan website, kekurangan menggunakan website ini adalah tidak ada komunikasi yang interaktif antara penjual dan pembeli. Namun, jika menggunakan sosial media komunikasi tersebut bisa dilakukan secara dua arah.

Mengetahui Fungsi dari Sosial Media Marketing

Memperluas Market Penetration

Social media merupakan sebuah platform yang sangat banyak penggunanya. Semua kalangan, usia, pekerja apapun tak membatasi seseorang untuk menggunakan social media. 

Apabila sebuah bisnis kita menggunakan social media marketing, maka akan dapat memperluas pangsa pasar yang mereka miliki. Hal tersebut akan menjadi kesempatan yang sangat luar biasa untuk sebuah bisnis.

Dapat Melakukan Interaksi dengan Audiens

Selain, dapat mengetahui feedback produk kita juga dapat melakukan interaksi dengan audiens. Melalui beberapa tipe kontan yang dibuat untuk social media marketing dapat menjadi penghubung kita dengan para audiens. Dari sini, kita dapat men-tracking perilaku konsumen.

Beberapa Contoh Sosial Media Marketing

Semakin seru pembahasan sosial media kali ini. Buat Anda yang penasaran apa saja bentuk dari iklan sosial media, tenang saja berikut ini akan dijelakan lebih lanjut tentang apa saja contoh-contoh sosial media marketing. Di sini akan diambi beberapa conoth iklan sosial media marketing dari berbagai paltform sosial media seperti Instagram, Facebok, Youtube, hingga Twitter tentu dengan berbagai format yang umum dipakai. Berikut Jenis Iklannya:

  1. Iklan Video Instagram
  2. Iklan Video Youtube
  3. Iklan Gambar Instagram
  4. Iklan Gambar Facebook
  5. Iklan Video Twitter

Cara Melakukan/Strategi Iklan di Sosial Media

Mempelajari Target Audiens yang Dituju

Cara yang harus  Anda lakukan adalah pelajari apa yang dimau oleh pelanggan Anda nantinya. Biasanya akan lebih bagus Anda mampu menemukan masalah yang terjadi di sisi konsumen dan membantunya melalui produk yang kalian tawarkan.

Menentukan Platform Sosial Media yang Disasar

Cara yang kedua adalah menentukan platform sosial media yang ingin Anda tuju berdasarkan target audiens tadi. Biasanya setiap pengguna sosial media di setiap platform cenderung memiliki perbedaan demografi pengguna. Untuk membantu Anda mengenal platform mana yang dikira cocok untuk bisnis.

Related Post :